Sunday, November 3, 2013

Nestle Fitnesse 14 Day Challenge - Blogger Sharing!

Halo semuanya! :D
Kali ini aku nulis post pakai Bahasa Indonesia ya
Soalnya aku mau berbagi cerita tentang tantangan 14 hari dari Nestle Fitnesse Indonesia yang sudah selesai aku jalani dari tanggal 11-24 Oktober kemarin, yayyy~ (\(^___^)/)


Apakah yang dimaksud dengan Nestle Fitnesse 14 Day Challenge?


Pertama-tama, buat kalian yang belum mengetahui / masih bingung dengan apa itu Nestle 14 Day Challenge, aku kutip sedikit penjelasan dari Facebook Page Nestle Fitnesse Indonesia ya, ini merupakan suatu program untuk menjadikan hidup kamu lebih sehat dan lebih bahagia melalui pengaturan pola makan. Disarankan untuk mengkonsumsi Nestle Fitnesse untuk sarapan dan mengganti salah satu makan utama (makan siang atau makan malam) dengan Nestle Fitnesse serta jangan lupa untuk menggabungkannya dengan olah raga yang teratur.

Apakah kamu kandidat yang ideal untuk mengikuti Nestle Fitnesse 14 Day Challenge?


Ternyata tidak semua orang disarankan untuk mengikuti tantangan ini lho. Program selama 14 hari ini disarankan hanya bagi peserta yang berusia 18 sampai 50 tahun dengan Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index/BMI) di atas 23 dan tidak memiliki kondisi medis.

Apa motivasiku sehingga bersedia menjalani tantangan ini?



Setelah aku mengetahui Nestle Fitnesse 14 Day Challenge adalah tantangan untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas (sehat, berat badan ideal, dll) melalui pengaturan pola makan, aku langsung tertarik soalnya aku gendut banget, BANGETTT!!! T____T .... tentu aja aku berharap dengan mengikuti program ini aku bisa menurunkan berat badanku yang sangat berlebih melalui cara yang sehat.

Menurutku wanita yang overweight itu cenderung banyak menemui kesulitan dibanding wanita dengan berat badan ideal lho, mulai dari mencari pakaian yang ukurannya besar agar muat di badan, krisis percaya diri, menerima perlakuan yang kurang menyenangkan dari lingkungan sekitar, dll. namun aku yakin kalau kita mempunyai kepercayaan penuh terhadap diri sendiri, berkomitmen tinggi, disiplin dan take action, kita pasti bisa menurunkan berat badan! (ga instan ya, pelan-pelan dan pakai proses, tapi pasti bisa).

Awal bulan Oktober lalu, paket dari Nestle Fitnesse Indonesia akhirnya sampai ke rumahku


Produk dibungkus rapi oleh pihak Nestle Fitnesse Indonesia dengan bubble wrap agar box tidak penyok


Terdapat 2 varian rasa sereal Nestle Fitnesse yang terdapat di Indonesia sampai pada saat ini (di luar negeri terdapat lebih dari 2 varian), yaitu Nestle Fitnesse Original - The Low Fat Breakfast Cereal with Whole Wheat dan Nestle Fitnesse Fruits- The Low Fat Breakfast Cereal with Whole Wheat and Fruits.

Komposisi sereal Nestle Fitnesse Original

Komposisi Nestle Fitnesse Fruits

Nah, pas produknya sampai kerumahku pada awal Oktober, tadinya aku merasa siap menjalani tantangan 14 harinya, tapi pada kenyataannya aku ga langsung menjalaninya karena itu berarti aku harus komitmen banget untuk makan sesuai pola makan yang dianjurkan oleh pihak Nestle, yaitu mengganti 2 kali saat makan dengan sereal Nestle (makan pagi dan makan siang / makan pagi dan makan malam). I wasn't mentally prepared yet! Jadi ketika aku merasa sudah siap, yatu pada hari Jumat tanggal 11 Oktober, aku pun memulai hari pertama tantangan 14 hari Nestle Fitnesse! :D

Penampakan packaging luar dan dalam sereal Nestle Fitnesse Original

Bentuk serealnya

Awalnya aku pikir rasa yang varian Original ini akan hambar, ya pokoknya kurang enak gimana gitu... hahaha, eh ternyata nggak lho! O___O rasanya renyah dan agak manis, tapi ga terlalu manis banget, jadi ga bikin eneg malah enak hahaha. Cocok buat dijadiin cemilan sehat!

Rasa Nestle Fitnesse Fruits pada dasarnya sama dengan yang Original, namun bedanya, ada tambahan potongan-potongan buah kismis, pepaya dan nanas. Buat yang demen manis-manis, pasti suka banget deh! aku malah ketagihan... XD hahaha. Kalo yang kurang demen manis, lebih baik mencoba yang varian Original dibandingkan dengan yang Fruits ini.

Bagaimana caraku menjalani Nestle Fitnesse 14 Day Challenge?


Hari tantangan pertama

Belanja persediaan buah super banyak dan penuhin kulkas dengan buah-buahan tersebut!!! supaya kalo pingin nyemil nggak asal nyomot cokelat/wafer/biskuit/es krim dll lagi, diganti sama buah aja (susah banget untuk ngontrol diri sendiri... :'D)

Sarapan

Sereal Nestle Fitnesse Original/Fruits 30 gram + Susu rendah lemak rasa Vanila/Cokelat + buah

Makan siang

Untuk makan siang, aku selalu mengusahakan untuk mengkonsumsi menu yang seimbang, banyakin sayur dan protein, ga makan yang terlalu banyak karbohidrat dan lemaknya. Ini berlaku waktu aku sedang dirumah maupun diluar rumah. (walaupun susah banget ya order menu yang sehat di mall, karena menu yang banyak karbo dan lemak cenderung lebih enak, hahaha nasib... :'D)

Makan malam

Sereal Nestle Fitnesse Original/Fruits 30 gram + Susu rendah lemak rasa Vanila/Cokelat + buah/jus buah

Olahraga

Aku bukan penggemar olahraga dan membership gym juga udah ga aku perpanjang lagi saat mengikuti tantangan ini, jadi aku melakukan kegiatan fisik yang bisa dihitung sebagai olahraga namun tetap memungkinkan untuk dilakukan sehari-hari seperti rutin mengajak anjingku jalan-jalan di kompleks, naik turun tangga rumah yang cukup tinggi, dll.

Kalau mau pergi, aku ga telepon untuk pesen taxi, sebagai gantinya aku selalu jalan kaki, naik mikrolet dan naik busway, jadi banyak gerak dan capekkk keluar keringet kalo dibandingin naik taxi cuma duduk dan makin gendut, udah gitu biayanya jauh lebih menguras kantong lagi, hahaha.

Membatasi diri dari

Makanan yang super berlemak
Minuman yang mengandung alkohol, soda, dan sejenisnya
Begadang!!! hahaha


Caraku menyiapkan sarapan/makan malam sereal Nestle Fitnesse  dengan susu Vanila rendah lemak

Kadang kalo jenuh, rasa susunya diganti sama susu Cokelat rendah lemak :)


Berikut merupakan sebagian penampakan buah yang aku konsumsi selama menjalani tantangan 14 hari ini~ (^___^)


Selalu siap sedia stroberi, jangan sampe abis dulu baru beli lagi, hahaha XD



Kalo jambu ini ga beli, metik dari hasil kebun rumah sendiri :)




Berbagai macam jus buah di dalam kulkas


Ga demen makan sayur, tapi mau ga mau... :'D






Homemade pecel hahaha




Waktu itu seharian ga pergi kemana-mana dan udah saatnya makan siang, biasanya pasti beli atau delivery order hahaha tapi ga boleh makan yang banyak lemaknya, jadi goreng tahu tempe aja lah, itung-itung protein... :'D


Oh iya, siang keesokan harinya pas lagi jalan-jalan aku kebetulan nemu rumah makan vegetarian yang oke di lidah, horeeee ga makan daging tapi serasa makan daging beneran! (dibuat dari beragam jenis jamur, tepung, dan dibumbui sesuai dengan masakan yang dimaksud). Karena rendah lemak tapi tetep enak, waktu menjalani tantangan 14 hari aku beberapa kali makan siang di rumah makan vegetarian ini, hahaha~




warna dan bentuknya mirip daging sapi


semua rupa makanannya mirip sama daging yang asli


Serius menderita banget ya kalo udah biasa makan enak dan banyak eh terus dibatasin ini itu, yaampuuuunnnn... kadang pingin ngelanggar aturan pola makannya aja, ga tahaaaan! tapi tapiiii... hiks~ T____T

Kalo ada yang penasaran diantara 14 hari tantangan ini apa aku bener-bener disiplin, ini dia jawabannya, aku usaha untuk mematuhi aturan tapi ternyata ga bisa 100% disiplin! waktu aku lagi diluar rumah dan bakal pulang malem banget, aku terpaksa makan diluar, ga mungkin juga bawa-bawa sereal Nestle Fitnesse sama susu kan? tapi tetep, aku pesen menunya yang ga berat dan minuman pun ga pesen (soalnya rata-rata manis dan bersoda) aku bawa air putih di tas :)


Ini fotoku pada hari pertama menjalani Nestle Fitnesse 14 Day Challenge :




Ini fotoku pada hari terakhir menjalani Nestle Fitnesse 14 Day Challenge :


Aku 100% bare face pada kedua foto diatas, sama sekali belum pakai skincare, ga pakai makeup apapun, ga pakai softlens / anything fancy. Mungkin kalau hanya dilihat dari foto sebelum dan sesudah menjalani tantangan Nestle Fitnesse ini tidak tampak ada perubahan apa-apa ya terhadap fisik ku... tapi guess what? aku turun 1.7 kilogram!! :'D

Oke memang 1.7 kg itu ga banyak ya, tapi ternyata itu angka yang wajar banget! soalnya menurut Nestle Fitnesse Indonesia, angka yang aman untuk penurunan badan dalam 14 hari (2 minggu) itu cuma 2 kg doang lho! :O


Kesimpulan


Overall, aku merasa proses tantangan 14 hari ini sangat ga gampang, terlebih kalo kamu pecinta makanan berlemak, kebiasaan skip makan pagi, biasa makan malem, ga pernah olahraga, dll.  tapi ini sangat worth it to try!!! (>____<)

Setelah selesai menjalani tantangan ini, aku merasa badanku yang overweight menjadi lebih fit daripada sebelumnya, ga cepet capek kalo melakukan kegiatan fisik, ga terlalu gila ngemil lagi, mulai mikir-mikir kalo mau makan makanan yang banyak lemaknya. Pokoknya kualitas hidup terasa lebih meningkat :D

Kalau kamu tertarik untuk mengikuti tantangan ini jangan lupa ya, program ini dirancang untuk jangka waktu 14 hari aja, ga boleh lebih! Menurut informasi yang aku dapatkan dari Facebook Page Nestle Indonesia, Nestle Fitnesse 14 Day Challenge dirancang sebagai program awal dan tidak disarankan untuk dilanjutkan setelah 2 minggu. Namun, kamu bisa mengulang program ini setelah periode istirahat, kapanpun di dalam satu tahun (misalnya bila kamu sedang siap-siap untuk musim panas, untuk menghadiri pernikahan/reuni, atau bila kamu ingin mencoba baju-baju lamamu).




Sekian dulu post sharing ku kali ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca :*
Thank you Nestle Fitnesse Indonesia yang sudah memberi kesempatan untukku mencoba produk ini
We can be healthy and slim together, ladies!!! (\(^____^)/)
Until next time, take care~!

~Nita Desilia Tannawi (@nitartstudio)




6 comments:

  1. nice post dan komplit banget informasinya ;)

    ReplyDelete
  2. lengkap banget nit, smp menu2 dietnya ada.. huhuw
    mau contoh aahhh.. akujuga suka ngemil jambu wkwk, tp yg setengah mateng jd masih kriuk2 :D
    ak prnah ke warung vegetarian, ga enak T_T rasanya hambar haha
    tp emg kl diet tuh pola makan emg dijaga bgt ya, susah ak doyan mie goreng sama tempe goreng, jd tiap makan itu lgsg menggelembung perutku, gatau deh knp bs gitu huhuw >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. jambu setengah mateng emang enak wie, hahaha :3

      aku juga pernah ke tempat makan vegetarian yg kurang enak, yaampun bener banget bumbunya hambarrrr... tp yg ini beda wie, enaaaak lho! kapan gitu kalo km ke jkt aku ajak makan disana yah! wkwkwk... XD

      duh jangankan mie sama tempe, semua yg digoreng emang jd jauh lebih enak... T___T hmmm... knp ya perutmu bs gitu reaksinya, tapi ga apa2 lah wie, km kan udah kurussssss ini jd ga perlu kuatir diet2an segala, hehehe ^__^

      Delete
  3. ahhh pengen nyobaaa tp kirain setelah 2 minggu msh boleh ngikut program diet ini. klo gw pasti setelah 2 minggu langsung bales dendam mkn berlemak! ahahahaha byw nice post nit!!!! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah maap baru liat komennya skrg cii >< ayok diet ala nestle fitnesse juga dong ci nisaaa :D abis 2 minggu wajarnya sih emang "bales dendam" tapi nafsu makannya ga separah sebelumnya sih seharusnya, lumayan agak terkontrol gitu. hehehe

      Delete